MANTAN KADES TANGKURA DITUNTUT JPU 5 TAHUN PENJARA

Mantan Kepala Desa Tangkura Kecamatan Poso Pesisir Selatan, Kabupaten Poso, Daud Marianto Laganda dituntut oleh jaksa penuntut umum (JPU) Kejari Poso, Andi Suharto, S.H. dengan pidana penjara 5 tahun. Pada sidang tuntutan yang digelar di Pengadilan Negeri (PN) Palu, Senin (11/4). Dalam tuntutan tersebut terdakwa dituntut dengan Pasal 2 ayat (1) Juncto Pasal 18 dengan UU RI Nomor : 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

Kemudian pada tanggal 15/4 kembali digelar sidang dengan agenda putusan atau vonis terdakwa yang mana dalam putusan tersebut terdakwa divonis dengan pidana penjara selama 4 tahun dan 6 bulan oleh majelis hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Pengadilan Negeri (PN) Palu dimana putusan tersebut lebih rendah dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum. Adapun amar putusan yang dibacakan Ketua Majelis Hakim I Made Sukanada didampingi Margono dan Darmansyah sebagai hakim anggota, yaitu “Terdakwa bersalah secara sah dan meyakinkan melanggar Pasal 2 ayat (1) Juncto Pasal 18 dengan UU RI Nomor : 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi,” sehingga Dalam amar putusan majelis hakim, terdakwa dianggap tidak dapat mempertanggung jawabkan uang senilai Rp 402, 7 juta.

Dalam putusan tersebut, selain dijatuhi pidana pokok, terdakwa juga diwajibkan membayar denda Rp 200 juta, subsider 6 bulan, serta membayar uang pengganti Rp 402,7 juta, subsider 1 tahun penjara.

Diberikan waktu selama 7 hari kepada semua pihak (JPU, terdakwa dan penasehat hukum) untuk menyatakan sikap menerima atau mengajukan upaya hukum lain.